Sabtu, 16 Juli 2016

MALNUTRISI


Malnutrisi adalah apabila terjadi penurunan berat badan lebih dari 10 % dari berat badan sebelumnya dalam 3 bulan terakhir. Selain kriteria yang sering digunakan adalah apabila saat melakukan pengukuran berat badan kurang dari 90% berat badan ideal berdasarkan tinggi badan atau jika indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 18,5.

Malnutrisi merupakan suatu kejadian umum yang kita jumpai pada pasien dengan penyakit kronik yang terjadi pada masyarakat atau pada penyakit baik akut maupun kronik pada pasien yang dirawat dirumah sakit.

Pada saat terjadinya malnutrisi, seluruh organ akan mengalami penurunan massanya kecuali otak dimana malnutrisi tidak menyebabkan perubahan pada massanya. Pada saat malnutrisi maka akan terjadi proses penghancuran dari lean body mass untuk melepaskan asam amino untuk proses glukoneogenesis. Sebagaimana kita ketahui asam amino untuk protein penting dalam tubuh untuk sistem imunitas dan proses penyembuhan penyakit. Apabila keadaan ini berlangsung asam amino tubuh juga berkurang otot-otot paru juga mengalami kelemahan dan hasil akhirnya akan menyebabkan penurunan sistem imunitas dan pasien mudah terjadi pneumonia dan akhirnya kematian. 

0 komentar:

Posting Komentar