Rabu, 20 Juli 2016

TUMOR PADAT

Tumor padat adalah bentuk tonjolan yang abnormal dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti penyakit keganasan (neoplasma), infeksi, dll. Dalam arti khusus tumor padat ini didefinisikan sebagai benjolan yang disebabkan oleh penyakit keganasan (neoplasma) dan neoplasma ganas secara umum disebut kanker.

Stadium Tumor Padat Berdasarkan Letak Topografi, Ekstensi, dan Metastasenya dlam Organ 
1. stadium lokal, pertumbuhannya masih terbatas pada organ semula tempatnya tumbuh. Karsinoma insitu: pertumbuhannya masih terbatas intra epiteal, intraduktal, intra lobuler. Istilah ini hanya dikenal pada tumor ganas epiteal. Infiltrasi lokal atau invasif: tumor padat telah tumbuh melewati jaringan epitel, duktus, atau lobulus, tetapi masih didalam organ yang bersangkutan atau telah menginfiltrasi jaringan sekitarnya.

2. stadium metastase regional, tumor padat telah metastase ke kelenjar limfe yang berdekatan (kelenjar limfe regional)

3. stadium metastase jauh, tumor padat telah metastase pada organ yang letaknya jauh dari tumor primer.

Secara klinis kadang-kadang dipakai dua istilah diatas sekaligus untuk menyebutkan stadium tumor padat yaitu Stadium lokoregional, oleh karena pada kenyataannya sering ditemukan stadium lokal dan regional secara bersamaan pada waktu dilakukan pemeriksaan klinis.  

0 komentar:

Posting Komentar